Mulia-PAS Usul Debat Pilgub Bali Digelar Terbuka di Seluruh Kabupaten/Kota

Kamis, 26 September 2024

|

Dibaca: 64x

MULIA-PAS Untuk Bali

Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Made Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) mengusulkan debat calon dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali digelar terbuka di seluruh kabupaten/kota di Bali. Mereka beralasan debat terbuka dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

"Sehingga masyarakat akan memahami siapa calon yang akan mereka pilih berikut visi dan misinya," ujar Ketua Tim Pemenangan Mulia-PAS, I Kadek Budi Prasetya alias Rambo, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (26/9/2024).

Baca juga:
Resmikan Posko Pemenangan, Ini Janji Mulia - PAS untuk Buleleng

Rembo menyebut debat terbuka paslon sesuai dengan PKPU Nomor 13 Tahun 2024. Ia menilai aturan tersebut telah mengatur pelaksanaan debat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 agar melibatkan penonton atau pendukung masing-masing paslon.

"Jadi yang dilakukan bila merujuk aturan itu adalah debat terbuka," imbuh Sekretaris DPD Gerindra Bali itu.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali berencana menggelar debat Pilgub Bali 2024 tanpa dihadiri pendukung masing-masing paslon. Debat akan diubah dengan gaya pertemuan di wantilan.

Baca juga:
Geredeg Siap Menangkan Mulia – PAS di Karangasem

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan mengungkapkan pihaknya ingin menghilangkan gaya debat pemilu di Amerika. Ia menilai konsep pertemuan di wantilan paling cocok diterapkan di Bali.

Baca juga:
Mulia-PAS Daftar ke KPU Bali Diiringi Ribuan Massa, Parade Budaya, dan Lagu De Gadjah For Bali

"Jangan gaya-gaya Amerika pakai podium kemudian mukul-mukul (podium), tunjuk-tunjuk. Kalau di Bali begitu, mungkin habis itu dia berkelahi di belakang," ujar Lidartawan saat ditemui di DPRD Provinsi Bali, Selasa (4/6/2024).

Sumber : Detik.com