Paket Mulia-PAS Hibur Warga Buleleng dengan Joged Bumbung, De Gadjah Turut ‘Ngibing’

Sabtu, 05 Oktober 2024

|

Dibaca: 45x

MULIA-PAS Untuk Bali

Kampanye pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bali nomor urut 1, Made Muliawan Arya dan Putu Agus Suradnyana, atau yang dikenal sebagai paket Mulia-PAS, mencuri perhatian di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, pada Jumat 4 Oktober 2024.

Baca juga:
Penampahan Kuningan, Cagub Mulia -PAS Makan Lawar di Puri Agung Ubud

Ribuan warga tumpah ruah dalam kegiatan yang juga dihadiri paslon Bupati Buleleng, I Nyoman Sugawa Korry, dan wakilnya, Gede Suardana.

Dalam sosialisasi yang dikemas santai ini, salah satu daya tarik utama adalah pertunjukan tari joged bumbung, yang menghibur warga dan para paslon. Kejutan pun terjadi ketika Made Muliawan Arya, yang akrab disapa De Gadjah, ikut ‘ngibing’ (menari bersama) salah satu penari joged, menyemarakkan suasana. Aksi De Gadjah ini berbeda dengan beberapa paslon lain yang sebelumnya sempat membatalkan pertunjukan joged bumbung, membuat para penari merasa kecewa dan menyuarakan perasaan mereka di media sosial.

“Kita melestarikan adat dan budaya Bali seperti joged, itu kan budaya kita. Jadi kita lestarikan dengan baik, jangan dilarang-larang, apalagi perempuan dibilang tidak boleh tampil. Itu menyakiti hati wanita,” tegas Ketua Gerindra Bali tersebut.

De Gadjah berharap kesenian tradisional seperti joged bumbung mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah. Ia menekankan pentingnya menjaga etika dalam pertunjukan sambil tetap menghormati nilai-nilai adat dan budaya Bali.

“Kita biarkan mereka tampil dengan baik, pastikan tidak melanggar etika. Tadi semuanya berjalan dengan lancar, bahkan saya ikut menari, dan istri saya di rumah bangga serta senang. Ini bagian dari menghormati wanita dan menjaga kelestarian adat Bali,” tambahnya.

Baca juga:
Resmikan Posko Pemenangan, Ini Janji Mulia - PAS untuk Buleleng

Selain membahas budaya, De Gadjah juga menyinggung isu krusial terkait defisit anggaran yang dialami Pemerintah Provinsi Bali. Ia menyampaikan hasil diskusinya dengan Wakil Menteri Keuangan, Thomas A. M. Djiwandono, pada Kamis 3 Oktober 2024, yang menyatakan komitmen pemerintah pusat untuk membantu Bali keluar dari masalah tersebut.

Baca juga:
Mulia-PAS Usul Debat Pilgub Bali Digelar Terbuka di Seluruh Kabupaten/Kota

Kami sudah bicara dengan wakil menteri keuangan kemarin, dan beliau sangat suportif untuk Bali,” tutup De Gadjah, menegaskan optimisme terhadap pemulihan finansial Bali di masa mendatang.(ub)

Sumber : Updatebali.com